-->

Pendaftaran Kartu Prakerja

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang Ke-10
Kartu Prakerja - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-10 rencana akan dibuka untuk partisipan yang belum pernah gabung di pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-9. Ikuti Syarat dan Tips Berikut Supaya lolos Seleksi, sejauh ini pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-10 belum dibuka.

Dikutip dari Kompas. com, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja melaporkan kalau grupnya belum akan membuka pendaftaran buat gelombang 10 sampai hari ini. Data terkait pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang ke-10, nantinya akan di informasikan lewat account Instagram formal@prakerja. go.id.
Kartu Prakerja merupakan program dorongan yang diprioritaskan untuk para pekerja yang terserang akibat langsung dari pandemi virus corona (Covid-19). Dikutip account Instagram@prakerja. go.id, partisipan Kartu Prakerja yang diterima ialah warga yang sudah diperhitungkan dalam daftar prioritas.

Nantinya partisipan yang lolos hendak menemukan SMS pemberitahuan ke no yang terdaftar pada account Prakerja kepunyaan partisipan. Untuk partisipan yang lolos Kartu Prakerja Gelombang, dipersilahkan untuk mengecek dashboard account prakerja untuk membenarkan dana pelatihan yang telah ada buat para partisipan.

Para partisipan yang lolos akan memperoleh bayaran pelatihan dan insentif pasca pelatihan buat tingkatkan keahlian. Sedangkan untuk partisipan yang belum sukses mendaftar, hendaknya saat sebelum mendaftar pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang selanjutnya, calon partisipan wajib mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan buat pendaftaran Kartu Prakerja.

Tidak hanya itu, pastikan kamu telah mempersiapkan nomor NIK dan KK yang benar buat didaftarkan. Bila masih gagal ataupun belum dapat mendaftar, kamu dapat menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500- 538 ataupun kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kota kamu.

Pendaftaran Kartu Prakerja bisa diakses lewat web formal www.prakerja. go.id. Kartu Prakerja merupakan rancangan program pengembangan kemampuan bekerja yang diperuntukkan untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK, ataupun pekerja yang memerlukan kenaikan kemampuan yang berdampak pada performa kerja.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Adapun syarat pendaftaran kartu prakerja adalah sebagai berikut :
  • Calon owner Kartu Prakerja, hanya berasal dari Masyarakat Negeri Indonesia( WNI)
  • Umur minimum buat mendaftar karu Prakerja yakni18 tahun
  • Para penerima kartu Prakerja juga wajib dari golongan yang tidak lagi menjajaki pembelajaran formal

Dikutip Dari Laman prakerja.go.id, Berikut Sesi Pendaftaran Kartu Prakerja

  • Partisipan yang menginginkan kartu Prakerja, dimohon untuk mengakses pendaftaran lewat web formal Prakerja.go.id, setelah itu klik tombol Daftar.
  • Partisipan yang mendaftar kartu Prakerja wajib melaksanakan penginputan informasi ataupun mengisi formulir pendaftaran secara online, para petugas Disnaker akan mendampingi partisipan dikala melaksanakan pendaftaran secara kolektif.
  • Setelah itu nantinya para partisipan Prakerja wajib menjajaki dan lewat seleksi online bersumber pada keahlian dasar dan motivasi, ataupun sama seperti uji keahlian dasar.
  • Setelah itu para partisipan Prakerja di harapkan membuat dan memilah pelatihan yang disyaratkan oleh industri, setelah itu untuk menjajaki pelatihan, dan para partisipan bisa membayarnya dengan saldo yang terdapat di dalam kartu Prakerja.
  • Para partisipan langsung akan menjajaki pelatihan formal dan akan diberikan sertifikat pelatihan dari lembaga formal pemerintah.
  • Setelah itu, partisipan akan dimohonkan untuk membagikan pembahasan dan rating terhadap lembaga pelatihan, lewat DISNAKER.
  • Setelah itu, partisipan akan memperoleh insentif, yang akan ditransfer dalam 3 sesi ke saldo Kartu Prakerja.
  • Setelah itu partisipan akan dimintai jawaban terkait suatu survei, dalam hal ini dimaksudkan buat mengenali feedback ataupun daya guna dari program, kesesuaian, pelatihan dan penempatan kerja, dan lain sebagainya.
  • Setelah berakhir melaksanakan pendaftaran dan telah menjajaki seluruh sesi sampai berakhir, partisipan dapat mengecek status pendaftaran lewat account yang telah kamu daftarkan dan klik cek status pendaftaran.
  • Partisipan dapat login dengan mengakses taman resminya di www.prakerja. go.id, dengan klik login ataupun masuk, setelah itu masukkan email ataupun no ponsel dan kata sandi. Halaman bisa diakses lewat komputer PC ataupun ponsel smartphone dilengkapi dengan jaringan internet yang mencukupi.
Apabila mengalami kesusahan dalam mengakses web prakerja. go.id, dapat menghubungi no layanan warga Kartu Prakerja, yaitu 021- 255- 412- 246. Kamu bisa menghubungi no tersebut pada jam operasional, yakni pada Senin sampai dengan Jumat, tiap jam 08. 00- 19. 00 WIB.

Tiap pemegang Kartu Prakerja akan memperoleh dorongan insentif pelatihan sebesar Rp. 3.550. 000.- (tiga juta lima ratus lima puluh ribu rupiah). Dorongan insentif tersebut akan dibayarkan sehabis partisipan menuntaskan minimun satu kali pelatihan.

Masa pemberian dorongan insentif ini hanya akan berlaku 3 hingga 4 bulan. Dorongan Prakerja ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dari warga di Indonesia.

Tetapi, perlu diketahui, tiap partisipan cuma bisa menjajaki program sebanyak satu kali. maka yakinkan kamu mengisi data diri sesuai dengan informasi pribadi yang akurat saat melaksanakan pendaftaran kelak.

Untuk mengetahui kabar terbaru terkait Kartu Prakerja kamu bisa mendatangi account instagram formal@prakerja. go.id.

Sebelumnya para calon pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 siap- siap gigit jari. Karena, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10 urung dicoba pada Kamis (24/ 9/ 2020). Merujuk pada agenda sebelumnya, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-10 dibuka 3 hari sehabis penutupan gelombang sebelumnya.

Maksudnya, apabila pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9 ditutup pada Senin (21/9/2020), maka terdapat kemungkinan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-10 diawali Kamis (24/ 9/ 2020). Tetapi kenyataannya, Manajemen Pelaksana Program( PMO) Kartu Prakerja melaporkan, belum akan membuka pendaftaran buat gelombang ke-10, Kamis ( 4/ 9/ 2020).

Dilansir dari kompas. com, PMO masih melaksanakan proses seleksi untuk gelombang ke-9 lantaran jumlah peminatnya yang menggapai 5, 9 juta orang. 
"Pendaftaran gelombang ke sepuluh, kuotanya akan kami umumkan, Dikala ini kami masih fokus menuntaskan proses seleksi gelombang 9 dahulu," ucap Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada kompas. com.
Louisa juga enggan mengatakan waktu PMO bakal mengumumkan pembukaan pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang ke-10. Para partisipan tersebut tidak memilah pelatihan awal melalui 30 hari sehabis lolos seleksi.
"Kemarin kami memutuskan kepesertaan lebih dari 180. 000 orang sebab tidak memilah pelatihan awal dalam waktu 30 hari sehabis lolos seleksi," ucap Louisa.
Untuk Kamu yang telah sempat menjajaki seleksi Kartu Prakerja dan tidak lolos sebanyak 3 kali, segeralah buat pesan statment atau surat pernyataan. Surat Pernyataan tersebut yang menerangkan bahwa kamu sudah 3 kali gagal menjajaki seleksi Kartu Prakerja.

Oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, surat pernyataan tersebut dikirimkan lewat email ke kepesertaan@prakerja. go .id. Surat Pernyataan gagal 3 kali tersebut juga wajib ditandatangani di atas Materai Rp. 6 ribu.

Setelah surat dikirim, Manajemen Pelaksana Prakerja akan melaksanakan pengecekan lebih lanjut. Dilansir dari account Instagram prakerja. go .id, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja membagikan Contoh Surat Pernyataan. Kamu bisa search di google dengan kata kunci  
"Contoh Format Pesan Statment Apabila Kandas Lolos Seleksi Kartu Prakerja 3 Kali"

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Berikut adalah cara pendaftaran Kartu Prakerja yang tribunnews. com kutip dari laman frequently asked questions (FAQ) prakerja.  go.id :

1. Membuat Account Prakerja

  • Masuk ke web www.prakerja.go.id
  • Pilih Menu Daftar Sekarang
  • Entry secara lengakap : nama, alamat email, dan kata sandi baru
  • Cek email masuk dari account Prakerja dan simak petunjuk buat konfirmasi account email
  • Sehabis konfirmasi account email sukses, masuk kembali ke web Prakerja

2. Pendaftaran Kartu Prakerja

  • Setelah sukses daftar account dan login, kamu akan masuk ke dashboard account, Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, no KK dan bertepatan pada lahir kamu sesuai yang tertera di KTP, kemudian klik Selanjutnya.
  • Lengkapi informasi diri dan unggah gambar KTP
  • Jalani verifikasi no handphone
  • Klik Kirim
  • Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan via SMS ke Nomor HP kamu. Klik Verifikasi.
  • Berikutnya, isi Pernyataan Pendaftar
  • Isi hingga berakhir, bila telah berakhir klik Oke.
  • Selanjutnya, Kamu harus melaksanakan Uji Motivasi& Keahlian Dasar
  • Klik Mulai Uji Sekarang
  • Setelah mengisi uji, hasil uji akan dievaluasi. Mohon menunggu berkisar 5 menit. Bila setelah 5 menit belum terdapat pergantian, silahkan klik tombol Refresh.
  • Pendaftaran kamu sedikit lagi berakhir dan kamu tinggal ikut seleksi Gelombang. Seleksi Gelombang yang kamu mau disesuaikan dengan domisili kamu, kemudian klik Gabung
  • Berikutnya akan timbul konfirmasi opsi Gelombang kamu. Apabila telah sesuai, klik Ya, Gabung
  • Setelah mengisi Gelombang, akan timbul Persetujuan Kartu Prakerja yang berisi sebagian pernyataan. Kamu wajib klik "saya menyetujui" untuk bisa lanjut ke sesi selanjutnya.
  • Sesi pendaftaran Selesai
  • Berikutnya kamu akan menerima notifikasi apakah kamu lolos lewat SMS setelah penutupan Gelombang.

Syarat Utama Pendaftaran Kartu Prakerja

Berikut 3 syarat utama mendaftar Kartu Prakerja, dikutip halaman prakerja .go.id :
  • WNI
  • Minimun berumur 18 tahun
  • Lagi tidak menempuh pembelajaran formal
Untuk diketahui bahwa Kartu Prakerja ialah dorongan pelatihan untuk warga Indonesia yang mau mempunyai ataupun tingkatkan keterampilannya.

Dikutip dari halaman formal Kartu Prakerja, program ini tidak hanya untuk mereka yang lagi mencari pekerjaan, tetapi pula buruh, karyawan, dan pegawai. Seluruh WNI berumur 18 tahun ke atas dan tidak lagi sekolah ataupun kuliah, boleh mendaftar.

Manfa'at Kartu Prakerja

  1. Pelatihan - Kamu bisa menjajaki pelatihan dan bayar memakai Kartu prakerja baik online ataupun offline.
  2. Sertifikat Pelatihan - Mendapatkan Sertifikat pelatihan yang diakui baik pelatihan yang online maupun offline.
  3. Insentif - Tiap partisipan akan mendapatkan dorongan sebesar Rp. 3. 550. 000.- (tiga juta lima ratus lima puluh ribu rupiah). Insentif tersebut meliputi bayaran dorongan pelatihan sebesar Rp.1 juta, insentif paska pelatihan Rp. 600. 000.- per bulan sepanjang 4 bulan. Setelah itu, insentif survei kebekerjaan sebesar Rp. 150. 000.-.

Penutup

Demikianlah Informasi terkait pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-10, semoga bermanfa'at dan segera bagi anda untuk mempersiapkan berkas pendukung yang valid.

Terimakasih. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...

LihatTutupKomentar