-->

Rp. 3.188.592,42,- Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deliserdang 2020 Lengkap SK Pdf

Deliserdang District Minimum Wage (UMK) 2020 SK Pdf
Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 - Telah diputuskan kenaikannya menjadi 8.51 % dari Upah tahun sebelumnya yakni menjadi Rp. 3.188.592,42,-.

Pertimbangan Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020

Berdasarkan surat Bupati Deli Serdang Nomor 561/4232 tanggal 15 November 2019 perihal persyaratan kelengkapan berkas Rekomendasi Usulan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 serta Saran dan Pertimbangan Dewan Pengupahan Provinsi Sumatera Utara Nomor 01/SPUMK-DEPEDASU/2019 tanggal 15 November 2019 mengenai Rekomendasi Bupati/Walikota mengenai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tahun 2020. 

Berdasarkan Pasal 46 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan yang menyatakan Gubernur dapat menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020.

History Pembahasan Ketetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020

Dewan Pengupahan Daerah( Depeda) Kabupaten Deliserdang sudah memutuskan besaran kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deliserdang tahun 2020. Informasi yang dihimpun kenaikannya hanya sebesar Rp 250. 068 dari tahun sebelumnya atau hanya 8, 51 persen. Kenaikan itu sesuai dengan regulasi dimana hanya berdasarkan kepada kenaikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Ketua Depeda Deli Serdang, Ganda Aritonang menyebut kalau rapat pembahasan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 mereka lakukan di kantor Disnaker Deliserdang Jum, at,( 8/ 11/ 2019).

Namun Rapat berlangsung alot dan berjalan kurang lebih hampir 3 jam lamanya dari pukul 15. 00 sampai 17. 52 WIB. Dituturkan saat ini mereka sedang memproses hasil rapat tersebut untuk kemudian ditandatangani Bupati untuk kemudian direkomendasikan ke Gubernur Sumut.

Kenaikannya sesuai ketentuan 8, 51 persen atau sebesar Rp 250. 068 ribu. Saat ini sedang kami proses lah untuk dikirim Bupati dan direkomendasikan ke Gubernur. Karena ada ketentuan dari Gubernur tanggal 21 November akan ditetapkan secara kolektif," tutur Ganda Aritonang Senin,( 11/ 11/ 2019).

Ia mengakui jika pada saat rapat pembahasan tersebut anggota Depeda dari unsur Pemerintah sempat keberatan dengan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 yang hanya 8, 51 persen. Dimana saat itu lima unsur buruh yang ada menginginkan agar kenaikan bisa 9 persen. Karena ada permintaan itu disaat itu dilakukan voting secara tertutup.

Rapat ini awalnya dihadiri oleh 18 orang dan pada disaat itu hanya ada 11 orang yang ikut voting. Selain ada unsur buruh yang keluar ada juga dua orang yang izin karna ada urusan," kata Ganda. Dari 11 orang yang ikut voting, lanjut Ganda ada 10 orang yang memilih jikalau kenaikan 8, 51 persen.

Sementara untuk yang satu orang lagi memilih kenaikan 9 persen. Karna lebih banyak yang memilih kenaikan 8, 51 persen sehingga besaran itulah yang bakal diproses untuk dikirimkan ke Bupati untuk selanjutnya direkomendasikan ke Gubernur untuk ditetapkan.

Berlandaskan catatan Tribun- medan. com pada tahun 2018 besaran UMK Rp 2. 938. 524. Apabila dibanding dengan tahun sebelumnya kenaikannya hanya Rp 218. 424. Pertimbangan yang sama pula berlaku buat memastikan besaran upah minimum di kabupaten/ kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Utara.

Pasti aja saran upah minimum dari bupati ataupun wali kota masing- masing daerah berbeda antara satu serta yang yang lain. Peraturan Pemerintah tersebut dengan jelas menerangkan jika besaran upah minimum sesuatu wilayah didetetapkan bersumber pada kebutuhan hidup layak( KHL), inflasi nasional, serta produk dalam negeri bruto( PDB).

Penghitungan KHL Untuk Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020

Buat KHL, kajiannya nanti terbuat Dewan Pengupahan Nasional. Sehabis menerima hasil kajian KHL, pemerintah wilayah menghitung besaran upah minimum di daerahnya dengan memakai rumus: UMn= UMt+. Dibagikan data. Berikut ini penjelasan komponen dalam rumus tersebut :
  • UMn : upah minimum. 
  • UMt : upah minimum sepanjang tahun berjalan. 
  • Inflasit: inflasi dalam setahun. 
  • ∆ PDBt: perkembangan produk dalam negeri bruto( PDB). 
Dari perhitungan pada rumus tersebut diatas, dapat diketahui berapa besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020. Besaran UMK wajib diresmikan paling lambat 40 hari saat sebelum waktu berlakunya upah minimum. kemudian, besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 itu wajib lebih besar dari besaran UMP.

Besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara, bapak Edy Rahmayadi Nomor : 188.44/717/KPTS/2019, Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 sebagaimana yang di maksud dalam Diktum KESATU sebesar Rp. 3.188.592,42,- (Tiga Juta Seratus Delapan Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Sembilan Puluh Dua Koma Empat Puluh Dua Rupiah).

Upah Minimum Kabupaten (UMK Deli Serdang 2020 sebagaimana dimaksud pada Diktum KEDUA dalam Keputusan Gubernur ini merupakan upah terendah dan hanya berlaku bagi Pekerja yang mempunyai masa kerja 0 (nol) tahun sampai dengan 1 (satu) tahun.

Sedangkan pekerja yang mempunyai masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih, pengusaha wajib memberlakukan ketentuan struktur dan skala upah dan diatur di dalam pengaturan persyaratan kerja yang berlaku di perusahaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 1 Tahun 2017. 

Pengusaha yang sudah memberikan gaji melebihi standard Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang sesuai keputusan Gubernur Sumatera Utara, di wajibkan tidak boleh menurunkannya.

Namun bilamana Pengusaha telah membayar gaji melebihi standar yang telah ditetapkan oleh Keputusan Gubernur Sumatera Utara, ini dapat dilakukan secara musyawarah secara Bipartit antara Pekerja dengan Pengusaha/Pemilik Perusahaan yang akan dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Bersama Keduabelah Pihak. 

Pada saat Keputusan Gubernur ini mulai berlaku, Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 188.44/1441/KPTS/2018 tanggal 21 November 2018 tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Surat Tebusan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 

Surat Tebutsan di tujukan kepada ;
  • Menteri Dalam Negeri R.I. di Jakarta
  • Menteri Ketenagakerjaan R.I. di Jakarta
  • Bupati Deli Serdang di Lubuk Pakam
  • Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam
  • Kepala Instansi Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam
  • Ketua DEPEDA Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam
  • Ketua DPC APINDO Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam. 

Lampiran Surat Keputusan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020

Berikut adalah lampiran format Pdf yang mungkin bisa anda gunakan menjadi pedoman dasar Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020 ;
Demikianlah penyampaian perihal Upah Minimum Kabupaten (UMK) Deli Serdang 2020, semoga dasar angka tersebut benar-benar direalisasikan oleh seluruh Pengusaha sesuai yang berlokasi daerah Kabupaten Deli Serdang yaa... Aaamiin...
Semoga bermanfaat. terimakasih.
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...
LihatTutupKomentar