-->

Pertanyaan Interview Yang Mungkin Muncul dan Cara Menjawabnya

Interview Questions That Maybe Asked and How to Answer Them
Pertanyaan Interview - Merupakan pertanyaan HRD/User untuk menilai diri secara umum dan psikologi yang akhirnya disesuaikan dengan standar perusahaan. Ada banyak kemungkinan pertanyaan interview yang akan anda dapatkan saat interview kerja.
Dimana pertanyaan yang mungkin muncul akan saya sampaikan berikut beserta jawaban. Sebelum membahas judul ini, ada baiknya anda mencoba untuk membaca artikel saya sebelumnya, karena terdapat beberapa tips seputar dunia kerja yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan persiapan anda kelak.

Pertanyaan Interview Yang Mungkin Muncul dan Cara Menjawabnya

1. Pertanyaan Interview "Mengapa kami harus memilih dan mempekerjakan anda"

Tujuan pertanyaan interview ini adalah menilai pola fikir atas jawaban anda, dan ingin menyimpulkan value, serta kontribusi anda di perusahaan sebelumnya. bagaimana menjawab atas pertanyaan interview seperti ini, sangat  disarankan menjawab :
"Alasan mengapa saya dipertimbangkan untuk di pilih dan kemudian dipekerjakan di perusahaan bapak/ibu, sebelum saya mengirim lamaran ke perusahaan ini, saya sudah membaca profile company (profil perusahaan) ini, dan setelah saya bandingkan informasi tersebut dari penjelasan bapak/ibu, saya sangat tertarik untuk berkarir di perusahaan ini, karena perusahaan ini cukup memiliki potensi berkembang sangat cepat yang akan berdampak pada karir dan kesejahteraan karyawan kelak, 
"Selain itu saya juga membaca persyaratan yang tertuang pada iklan, semua persyaratan adalah sesuai kriteria saya, dan keterampilan yang di inginkan adalah keahilan saya, di tambah dengan pengalaman saya pada bidang yang saya lamar, saya semakin yakin akan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dengan memberikan beberapa ide yang saya punya, tentunya tidak bertentangan dengan hal hal yang menunjang perkembangan perusahaan, dan itu akan bersifat sejalan dengan apa yang di inginkan perusahaan".
Dalam penyampaikan jawaban atas pertanyaan interview di atas, anda harus yakin dan apa yang anda sampaikan haruslah sesuai, agar anda tidak dinilai hanya membual 😄.

2. Pertanyaan Interview "Mengapa Anda Resign dari Perusahaan Sebelumnya"

Pertanyaan Interview ini, kelihatan biasa saja, tapi tahukah anda tujuannya apa ? biasanya pertanyaan interview seperti ini, HRD/User bertujuan yakni :
  • Ingin mengetahui apakah anda di PHK secara tidak hormat.
  • Apakah anda memiliki catatan buruk di perusahaan lama, dan 
  • HRD/User ingin menyesuaikan alasan anda kelak, dengan habbit(budaya/kebiasaan) yang ada pada perusahaan tersebut, apakah sesuai atau tidak. 
Nah, bagaimana trick untuk memberikan jawaban atas pertanyaan Interview "Mengapa anda resign dari perusahaan sebelumnya?"
Jawabannya ada beberapa kondisi :
I. Jika anda resign benar murni karena mengundurkan diri dari perusahaan, dan kondisi masa kerja anda dua tahun lebih, maka anda bisa sampaikan :
"Karena selain ingin menambah wawasan baru, saya termasuk tipe yang sangat ingin sekali mendapatkan tantangan dalam dunia kerja, bagi saya tantangan itu adalah batu pengasah untuk menempah saya menjadi manusia yang lebih dewasa dan akan banyak memberikan pelajaran, saya juga ingin sekali potensi saya lebih bisa berkembang, tentunya harapan saya di perusahaan ini, jika diterima kelak".
II. Jika anda resign karena anda bosan di perusahan sebelumnya atau masalah gaji yang tidak mencukupi dapur😄, dan masa kerja anda hanya kurang dari 2 tahun, maka anda bisa jawab pertanyaan interview tersebut dengan :
"Dengan potensi yang saya miliki, saya merasa terbatas untuk berkembang, karena beberapa hal, termasuk motivasi income yang sedikit kurang memanusiakan manusia 😊, jadi saya memilih untuk resign agar usia atau waktu saya tidak habis pada perusahaan yang hanya berkembang tapi tidak mengikutsertakan kesejahteraan karyawannya". untuk itu saya melamar di perusahaan bapak/ibu, karena saya yakin, berdasarkan informasi yang saya dapat, perusahaan ini cukup mempertimbangkan kesejateraan karyawan, tentunya hal demikian menyesuaikan dengan beban dan tanggung jawab serta kontribusi yang saya berikan untuk perusahaan kelak". 
Dengan jawaban atas pertanyaan interview tersebut, mungkin anda bisa mengembangkan dengan beberapa alasan yang tidak menimbulkan asumsi (pendapat) negatif, ingat meskipun anda memiliki masalah di perusahaan sebelumnya, dan anda serius untuk diterima bekerja, meski jujur di sarankan, tapi jangan jujur atas value buruk anda ya 😊. 

3. Pertanyaan Interview "Mengapa Anda Menganggur/Jobless Dalam Waktu Yang Cukup Lama"

Jangan pernah anda menjawab atas pertanyaan interview ini dengan :
  • Karena belum ada perusahaan yang cocok
  • Memang sedang mencari gaji yang lebih pas. 
  • Atau hal lain yang menunjukan anda adalah orang yang bukan pekerja keras. kalau lah itu yang anda jawab, maka sama saja, anda membuat penilaian tidak baik.
Saya menyarankan anda menjawab dengan alasan yang tidak menumbulkan asusmsi negatif seperti anda adalah orang yang pemalas, terlalu memilih pekerjaan. dan lain sebagainya. 
Saran jawaban dari saya adalah :
"Sembari menunggu panggilan perusahaan, saya bekerja sebagai misal "gojek, membantu orang tua menjalan kan usaha kecil", dan lainnya, jadi saya mengikuti peluang yang ada, disamping saya butuh pekerjaan, saya juga butuh move on terus dengan mencari kegiatan yang positif dan menghasilkan".
Maksud dari jawaban di atas, anda bisa kembangkan dengan kondisi yang ada pada kehidupan anda. 

4. Pertanyaan Interview "Jika Anda Diterima, Berapa Lama Anda Akan Bekerja Di Perusahaan ini"

Pertanyaan Interview seperti ini sangat baik untuk anda, karena ini poin kecil ketertarikan HRD/User kepada anda, maka jawablah seyakin-yakin nya. jawaban atas pertanyaan interview tersebut bisa seperti :
"Jika saya diterima diperusahaan ini, tentu saya ingin benar-benar meniti karir disini, selama mungkin jika potensi dan kontribusi saya masih dibutuhkan oleh perusahaan, karena saya yakin, perusahaan ini adalah pilihan yang tepat untuk meniti karir, karena berdasarkan informasi yang saya dapat, perusahaan ini cukup berkembang". *note : anda harus punya informasi terkait perusahaan ini ya, jangan hanya bual 😄

5. Pertanyaan Interview "Apakah Anda Orang Yang Bersedia Bekerja Dibawah Tekanan"

Pertanyaan Interview yang mudah sekali untuk di jawab, tapi jika anda salah menjawabnya, atau misal anda menjawab "saya tidak bisa bekerja dibawah tekanan". selamat anda sukses TIDAK diterima 😄. Yaa !!! anda harus menjawab bersedia. nah pengembangan jawabannya kurang lebih seperti ini :
"iya pak/ibu, saya sangat bersedia, saya mengetahui dan paham betul, sepanjang saya adalah seorang karyawan atau bukan pemilik perusahaan, maka konsekuensi untuk dibawah tekanan tidak akan mungkin terelakan, tentu saya bersedia pak/buk, dan itu tidak akan menjadi beban dalam performa kinerja saya, kelak diterima diperusahaan ini".
Jawaban yang bijak bukan ?! 😊, pertanyaan interview tersebut menjebak, maka jangan salah menjawab ya. 

6. Pertanyaan Interview "Apa Motivasi Anda Bekerja"

Pertanyaan Interview terkait motivasi kerja, pengalaman yang pernah saya dapatkan dari beberapa kandidat, mereka sering sekali menjawab begini :

  • Ingin Mencari Pengalaman

Menurut saya jawaban seperti ini, tidak pas. karena menimbulkan beberapa asusmi seperti mungkin kelak diterima di perusahaan ini, akan mencari pengalaman baru lagi, dan sifatnya akan temporary (sementara) dan atau bekerja hanya batu loncatan saja. 

  • Ingin Mendapatkan Wawasan Baru

Come on !, ini klasik banget jawabannya dan sangat teoritis. atau tidak realistis, logikanya seperti ini, kalau anda bekerja di suatu perusahaan tidak menambah wawasan baru, maka untuk apa anda bekerja, anda adalah manusia yang berfikir, tentu dengan bekerja akan secara otomatis banyak wawasan yang ter-asah bukan ? jadi jangan jawab seperti ini atas pertanyaan interview terkait motivasi bekerja.

  • Agar Tidak Menganggur 😄

hmmm.... jawaban ini sangat tidak diharapkan untuk anda sampaikan, tau kenapa ? karena anda akan dinilai sangat tidak memiliki value potensi, atau anda sangat tidak ada nilai jual. abaikan jawaban ini ya.
Nah, bagaimana seharusnya menjawab pertanyaan interview ini agar realistis, saran untuk jadi inspirasi anda, jawabannya adalah :
"Saya ingin memiliki penghasilan tetap, saya memiliki banyak impian, maka dari itu, saya harus bekerja pak/buk. dan jika saya diterima, potensi yang ada pada diri saya akan saya kontribusikan semaksimal mungkin, juga pengharapan dari pihak perusahaan memberikan penambahan income jika saya  memiliki kontribusi yang patut untuk dipertimbangkan"
Jawaban ini yang saya maksud realistis, dan HRD/User akan sedikit tertantang 😊 

Kesimpulan

Dari jawaban atas pertanyaan interview yang mungkin ditanyakan dan cara jawab di atas, mungkin hanya beberapa saran, selanjutnya anda bisa mengembangkan kalimat yang relevan dan tidak menimbulkan asumsi asumsi negatif.

Ingat, Interview adalah penilaian diri secara langsung, jadi setiap jawaban yang anda sampaikan akan menjadi poin penting untuk tahapan selanjutnya. 

Semoga bermanfa'at dan membantu... Terimakasih...
Wassalaamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...
LihatTutupKomentar