-->

Persiapan Interview Dengan Human Resource Development (HRD)

Preparing For Interview With Human Resource Development (HRD)
Interview HRD - Merupakan proses interview pertama yang dilakukan untuk menentukan tahapan selanjutnya, kemudian akan berakhir pada interview User.

Istilah HRD dalam beberapa definisi yakni berasal dari singkatan Human Resource Department/Development dimana salah satu tugasnya adalah recruitment/penerimaan karyawan baru sesuai kebutuhan departemen dan lokasi cabang masing-masing. 
Sementara istilah user berasal dari bahasa inggris yang arti secara bahasa adalah pengguna, dalam hal ini user yang dimaksud adalah atasan langsung pada posisi yang direcruit kelak.

Persiapan Interview Dengan Human Resource Development (HRD)

1. Istirahat yang cukup dan berdo’a sebelum Interview HRD

Jika anda menganggap moment Interview HRD/User esok adalah penting, maka anda akan menghargai waktu istirahat anda, hindari begadang atau tidur lama, karena besok adalah hari yang penting untuk anda bisa menjelaskan diri dengan lancar dan baiknya.

Percayalah secara psikologis fisik anda akan keliatan kurang fit ketimbang anda istirahat yang cukup, dan yang sangat dikhawatirkan fikiran anda kurang fresh untuk merespon pertanyaan pertanyaan dari Interview HRD/User kelak.

2. Hadir sebelum Waktu Interview HRD

Sebisa mungkin anda hadir 30 menit (In Time) sebelum waktu yang di tetapkan, hal ini akan memberikan penilaian baik kepada anda kelak saat Interview HRD/User.

Selain anda bisa mempersiapkan kerapihan anda kembali yang mungkin berantakan saat perjalanan menuju lokasi, anda juga akan lebih tenang saat berhadapan dengan HRD karena detak jantung yang tidak berdebar-debar.

3. Persiapkan Mental sebelum Interview HRD

Bagaimana perasaan anda saat bertemu orang yang ingin menanyakan banyak hal kepada anda ?
Terlebih moment tersebut adalah kali pertamanya anda alami dalam hidup ?
Gugup ? takut salah ngomong ? takut gagal ?

Untuk menghilangkan rasa itu saat moment Interview HRD/User, saya punya pengalaman trik pribadi untuk menghilangkan perasaan itu, biasanya saya menganggap orang yang sedang menginterview saya seperti ngobrol biasa, tapi tetap dalam koridor hangat dan tidak berlebihan.

Bahkan terkadang saya menganggap orang tersebut hanya lah orang biasa, agar saya lebih percaya diri dan tidak gugup, sehingga saya mudah menjawab dengan tenang dan jawaban saya sesuai dengan apa yang ditanya.

Atau anda bisa melakukan latihan berbicara  di depan cermin sambil melatih expresi yang terbaik anda seperti apa, anggap seperti interview HRD/User, intinya anda harus tetap tenang dan jangan tunjuki anda sedang gugup.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Interview HRD

Untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam kelancaran menjawab pertanyaan saat Interview HRD/User salah satu nya dapat anda lakukan seperti ;
  • Menguasai isi Daftar Riwayat Hidup/CV.
Pastikan anda menguasai dan bertanggung jawab dengan semua yang anda rangkum dalam CV, tentu anda harus bisa lebih menjelaskan lagi secara luas untuk meyakinkan HRD/User, jika ini tidak anda kuasai dalam interview HRD/User kelak.

Dan HRD/User merasa jawaban anda tidak sesuai dengan CV anda, maka akan banyak asumsi yang akan muncul dari penilaian HRD/User seperti ; data akan dianggap bohong, dianggap mengarang bebas, atau bisa jadi CV anda bukan anda yang membuat, dan lain sebagainya. 
  • Pengetahuan terkait Company Profile sebelum interview HRD/User
Anda melamar pada perusahaan yang anda tidak tahu perusahaan itu seperti apa ? itu sama hal nya dengan anda ingin melamar anak gadis orang, tapi anda tidak mengetahui anak gadisnya seperti apa ? apa anda hanya ta’aruf dan langsung menikah ?? ? sedangkan ta’aruf saja harus anda ketahui wajah asli nya di balik cadar calon istri anda kelak.

So, intinya apa ? sebelum Interview HRD/User ketahuilah perusahaan yang anda lamar, jangan blank sama sekali! cari dari banyak sumber informasi, jujur, saya paling heran dengan kandidat jika di tanya “apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini” ? 

Dan jawabannya belum tahu, dan emosi nya, nanyak balik ??!!  come on !!! anda boleh bertanya balik dan itu hak anda, tapi pertanyaan yang anda lontarkan harusnya bersifat memastikan atau membandingkan informasi yang anda ketahui diluar sana, bukan mentah berasal dari HRD/User yang anda tanyak! 

Duh saya jadi teringat lagi saat sesi Interview HRD/User dulu kala, emosi jadi nya hehe 😃. Saya yakin anda paham maksud saya. Intinya kenali perusahaan yang anda lamar, jangan langsung yes yes saja yaa 😊.
  • Pengetahuan terkait posisi yang dilamar sebelum Interview HRD/User
Ini adalah hal yang sangat mendasar untuk anda kuasai, sekalipun anda seoarang fresh graduate/baru tamat/newbie yang belum pernah memiliki pengalaman di posisi tersebut, anda wajib tahu posisi tersebut seperti apa.

Meskipun secara garis besar. seperti apa saja yang menjadi tanggung jawab di posisi tersebut, dan kisaran gaji nya berapa, meskipun setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait gaji, Dengan mempelajari informasi- terkait posisi yang dilamar sebelum Interview HRD/User.

Setidaknya akan menambah wawasan dan membantu anda untuk mempersiapkan diri kelak di terima bergabung dan tentunya membuat interview menjadi lebih lancar jika ada pertanyaan seputar pekerjaan.

5. Memberikan aura positif saat Interview HRD/User

Penilaian saat Interview HRD/User biasanya dilakukan mulai dari hal hal yang terkecil, dan dapat anda persiapkan sebelum Interview HRD/User diselanggarakan dengan :
  • Penampilan rapi saat Interview HRD/User
Jika anda pria, maka rambut anda klinis, pakai kemeja, dan jika anda seorang wanita, maka make lah yang seadanya, jangan menor atau berlebihan, pakaian yang dikenakan berwarna gelap, atau warna dasar seperti hitam putih, biru dongker, merah dongker, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan sedikit parfum saat Interview HRD/User
Usahakan aromanya tidak semerbak/terlalu menyengat, pilihlah parfum yang aromanya soft.
  • Hindari bau mulut tak sedap
Jika anda perokok maka pastikan anda tidak merokok sebelum interview HRD/User, pastikan bau mulut anda segar. 
  • Ucapkan salam jika sesama muslim atau sapaan secara umum
  • Ketuk pintu meski pintu sudah terbuka 
Tetap ketuk pintu sebelum masuk, masuklah saat dipersilahkan, jangan slonong boy atau masuk tanpa dipersilahkan, Syukur-syukur HRD nya tidak mudah marah 😁
  • Senyum yang lepas dan semanis yang anda punya saat Interview HRD/User
  • Sebelum Interview HRD/User, Duduk bila dipersilahkan
Jangan duduk sebelum anda dipersilahkan, Etika ini akan menjadi nilai plus kepada anda. Yakin!, jika seandainya HRD/User lupa mempersilahkan anda duduk, maka minta izin untuk duduk.
  • Lakukan sentuhan ramah saat akan interview HRD/User 
Dengan berjabat tangan #atau bagi wanita yang hijabers muslim  syari’ah, cukup satukan telapak tangan didepan sejajar dagu anda dan ucapkan siang pak/buk.
  • Bijaklah menempatkan diri
Artinya saat waktunya serius maka anda harus serius, saat bercanda yaa silahkan bercanda, ikuti alur interviewer/HRD/User, jangan terlalu kaku dan tegang saat Interview HRD/User berlangsung.

6. Mengajukan Pertanyaan saat Interview HRD/User

Jangan pernah bertanya jika belum di persilahkan! Hal ini sering sekali terabaikan saat Interview HRD/User, karena anda adalah sebagai pelamar maka andalah yang harusnya menerima pertanyaan lebih dahulu dari HRD/User.

Tunggu saat yang tepat baru bertanya, biasanya pada akhir interview, anda akan dipersilahkan bertanya. jangan mengajukan pertanyaan saat HRD/User berbicara atau memotong pembicaraan.

Jika anda merasa sudah selesai, dan HRD/User mempersilahkan anda untuk bertanya, Maka jawab yaa! “saya memiliki pertanyaan pak/buk”. beri kesan bahwa anda exited atau tertarik dengan perusahaan tersebut, jangan pernah anda menjawab bahwa anda tidak memiliki pertanyaan. tanya apa saja yang anda rasa ingin ketahui seperti ;
  • Deadline penerimaan karyawan efektif kapan ?
  • Secara tekhnis, apa yang diharapkan perusahaan untuk posisi ini ?
  • Untuk bidang bisnis perusahaan, tepatnya apa saja ?
  • Pengembangan cabang, sudah berlokasi dimana saja ?
  • Kantor Pusat berlokasi dimana ?
  • Lokasi Penempatan ?
  • Andai diterima, status anda kelak sebagai apa ? apakah peg. Tetap ?
  • Tahapan karyawan di perusahaan ini, seperti apa saja statusnya ? apakah PKWT dls ?
  • Untuk team pada posisi ini apakah ada ?
  • Atasan langsung anda kelak siapa / apakah manager / Direksi ?
  • Divisi GA apakah terpisah atau di team HR nantinya ? – khusus pertanyaan posisi HRD.
  • Pengaturan Cuti tahunan, Cuti khusus (melahirkan) dan lain sebagainya.
  • Penerapan lembur karyawan ?
  • Pinalty/sangsi potongan apa saja yang di terapkan ?
  • Regulasi kary. Digabungkan ke BPJS apakah saat awal bergabung ?
  • Soal test recruitment menggunakan sistem/aplikasi apa – ini khusus pertanyaan posisi HRD.
  • Regulasi kenaikan gaji kary. Pertahun berapa % diberikan ?
  • Fasilitas untuk posisi ini apa saja ?
  • Tahapan selanjutnya apa lagi setelah ini
  • Jika saya di terima, harapan bapak/ibu apa ke saya ?
  • Benefit dan Gaji, Boleh boleh saja sih, anda bertanya masalah gaji saat Interview HRD/User, tapi biasanya ini adalah tahap terakhir akan ada negosiasi gaji, kalau masih tahap pertama interview tidak perlu, biarkan saja HRD/User yang bertanya. dan jika HRD/User tidak bertanya, dan itu adalah tahapan final interview, dimana anda sudah di terima, tapi gaji belum di bahas, maka anda berhak bertanya benefit apa  saja benefit yang di dapat, jika anda adalah fresh graduate, maka tidak perlu anda patok atau tentukan keinginan anda, tapi jika anda merasa anda berpengelaman dan siap akan konsekuensi (jika tidak cocok gaji atau benefit, maka tidak jadi bergabung), maka silahkan anda bernegosiasi saat Interview HRD/User. 
  • Untuk expectasi salary sampaikan"Gaji pokok ; sekian di luar tunjangan dan potongan bpjs, serta pot. Pph 21."
  • Dan pertanyaan lainnya yang masih wajar, tanya tentang pekerjaan ya, jangan tanya yang enggak enggak yaa 😊 
Tapi jika saat Interview HRD/User tidak memberikan waktu untuk bertanya, maka mohon izin bertanya, “anda bertanya” adalah sebagai bahan pengetahuan anda terkait perusahaan tersebut seperti apa dan bagaimana, selain anda mendapatkan informasi yang real.

Anda juga dapat menjadikan informasi tersebut sebagai motivasi, jangan sampai saat anda sudah diterima bekerja, anda merasa menyesal karena informasi nya tidak anda tanya sebelumnya.

Atau jangan sampai nantinya anda bekerja, tapi tidak sepenuh hati, karena kurangnya semangat disebabkan motif lain, padahal anda seharusnya bisa bertanya disaat Interview HRD/User sebelumnya, hal ini akan mengakibatkan kerugian anda sendiri atau perusahaan, atau bahkan keduabelah pihak.

7. Menatap Mata Saat Interview HRD/User

Secara psikologi, saat berbicara dengan lawan bicara dalam hal ini terkhusus saat Interview  HRD/User, pandangan yang sopan adalah mulai dari bagian mata sampai keatas kepala. Jangan liat hidung, mulut/bibir dan bagian dibawah mata lainnya, itu mengartikan anda kurang sopan. 

8. Saat Interview HRD/User Duduk Yang Sopan

"Badan tegap tapi tidak kaku, dan berikan senyuman termanis anda tapi tidak genit yaa 😃".

9. Perkenalan Diri Saat Awal Interview HRD/User

Biasanya saat Interview HRD/User, anda dipersilahkan untuk memperkenalkan diri, jika sudah demikian, saatnya jelaskan diri anda se detail mungkin dan semenarik mungkin, tapi ingat jangan kurang dari isi Daftar Riwayat Hidup anda, tapi penjelasannya kalau bisa lebih baik.

Sebenarnya jika anda adalah pelamar yang berpengalaman pada posisi yang dilamar, anda cukup lebih banyak menjelaskan pengalaman anda semenarik mungkin, buat HRD/User tertarik dan penasaran dengan anda 😊.

Kesimpulan 

Setiap perekrutan selalu dan seyogiyanya melalui HRD. yang pada akhirnya akan diserahkan kepada user, so, yang menjadi garda terdepan adalah HRD, dan jika hasil shortiran HRD terdapat karyawan yang tidak terbaik, maka HRD lah yang di persalahkan oleh pihak manajemen, jadi HRD akan konsen memilih kandidat yang terbaik dari yang terbaik.

Pada prinsipnya jika anda diterima, berarti anda pantas/layak, maka selanjutnya pembuktian diri anda kepada semua orang termasuk diri anda bahwa anda emang layak dan terbaik bagi perusahaan #do your best for your carrier.

Dan sekiranya hasil dari semua tahapan termasuk Interview HRD/User anda belum diterima, bukan berarti anda gagal, hanya saja ada kandidat lain yang lebih memenuhi syarat untuk menempati posisi tersebut, yang harus anda lakukan adalah menjadi orang yang bijak, silahkan evaluasi dan tingkatkan value anda, dan yang paling terpenting jangan pernah menyerah.

Penjelasan terkait Persiapan Interview HRD/User di atas, adalah berdasarkan pengalaman saya, mungkin itu saja, jika ada masukan dan ingin di tanyakan silahkan...
Semoga bermanfaat, dan terimakasih...
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...

LihatTutupKomentar