-->

Contoh Curriculum Vitae Yang Disukai HRD dan Silahkan Download Pdf

Contoh Curriculum Vitae Yang Disukai HRD dan Silahkan Download Pdf
Daftar Riwayat Hidup – Ada beberapa sebutan yang familiar kita dengar seperti Resume, Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan CV.

Daftar Riwayat Hidup Secara Definisi

Doc. Daftar Riwayat Hidup secara Definisi adalah sebuah dokumen atau pencatatan yang memberikan informasi dan penggambaran diri pribadi atau sejarah hidup seseorang atau pelamar kerja secara singkat dan jelas.

Dengan adanya Daftar Riwayat Hidup maka informasi diri menjadi lebih mudah disimpulkan, sehingga pihak perusahaan tempat dimana anda melamar lebih mudah mengetahui data/sejarah diri anda.

Pada dasarnya kata Daftar Riwayat Hidup, resume, curriculum vitae atau biasa disebut dengan CV mengacu pada hal yang sama yakni lembaran kertas atau hard copy atau bisa berbentuk soft copy yang bertujuan memberikan informasi pribadi dan pengalaman kerja, hanya yang membedakannya adalah gaya bahasanya yaitu ;
  • “Daftar Riwayat Hidup” adalah gaya bahasa Indonesia atau “Indonesian Style”
  • “CV” (Curriculum Vitae) adalah gaya bahasa Amerika atau “American Style”
  • “Resume” adalah gaya bahasa British atau “British Style”
Sebelum saya memberikan beberapa Contoh Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume secara lengkap dan menarik sehingga Doc. Tersebut disukai HRD/Interviewer, ada baiknya anda memahami beberapa penjelasan berikut ;

Beberapa Poin Penting dari Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume

Perwakilan Perusahaan atau biasa kita kenal dengan Human Resource Development (HRD.) biasanya melihat beberapa poin penting dari Daftar Riwayat Hidup, yaitu :

1. Informasi Diri yang wajib disematkan pada Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume

  • Nama asli pada Daftar Riwayat Hidup
“Nama asli pada Daftar Riwayat Hidup tentu harus sesuai dengan E-KTP terbaru, baik gaya tulisan, spasi, maupun huruf, agar data anda sesuai dengan identitas pribadi yang dilampirkan kelak”.

misal : nama asli di E-KTP adalah Budi San Toso, maka tulisan pada Daftar Riwayat Hidup harus sama yaitu Budi San Toso, *jangan di tambahkan ataupun di kurangi, misal Budi San Toso Siregar (tidak perlu ditambahkan),

Ingat ! data diri anda akan terbawa sampai hari terakhir dimana anda bekerja, yang akan disematkan di instansi terkait yaitu : BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dls. Hal ini akan mempermudah anda kelak jika ada verifikasi data nantinya, dari itu data pada Daftar Riwayat Hidup harus sesuai dengan identitas E-KTP.

Case ;
Jika tidak ada E-KTP ? maka sebaiknya di Daftar Riwayat Hidup melampirkan resi dari kecamatan daerah anda, atau hal terburuk jika tidak ada resi sama sekali ? maka sebaiknya “jika rezeki ada kesempatan anda di panggil untuk interview”.

Maka sampaikan secara lisan bahwa dokumen yang anda lampirkan pada Daftar Riwayat Hidup tidak lengkap dan anda berniat untuk membuat E-KTP atau resi secepatnya kepada HRD. *tunjukin bahwa anda serius untuk bekerja, biasanya akan ada toleransi, kalau saya sih kasih toleransi 😇 *biasanya ini berlaku di perusahaan swasta,
  • Tempat, tanggal lahir
Tempat, tanggal lahir pada Daftar Riwayat Hidup harus di isi sesuai data yang ada di E-KTP. Seperti yang disampaikan pada poin 1.
  • Jenis Kelamin
Jenis Kelamin pada Daftar Riwayat Hidup ? Yes. Ini perlu, untuk memastikan gender atau jenis kelamin pelamar kerja, karena nama atau foto saja tidak cukup *speak by data.
  • Agama
Di negara kita, hal ini menjadi penting dicantumkan pada Daftar Riwayat Hidup anda, meski tidak begitu kelihatan/transparan saat seleksi berkas kelak, terkadang recruitment tidak hanya berdasarkan hal-hal yang objective melainkan data subjective menjadi bahan pertimbahan tambahan bagi HRD. atau perwakilan perusahaan secara internal*sedikit bocoran saja 😇
  • Tinggi & Berat Badan
Bagi beberapa perusahaan yang memprioritaskan penampilan, ini penting untuk anda cantumkan pada Daftar Riwayat Hidup! Tapi tetaplah jadi diri sendiri, dan jangan pernah mengarang data dengan tujuan agar diterima atau apapun itu, hal ini akan menjadi penilaian terpisah jika data anda berbeda dengan keadaan yang sebenarnya.   
  • Kewarganegaraan
Informasi Kewarganegaraan pada Daftar Riwayat Hidup Sebenarnya bisa menjadi opsional (pilihan), tapiii bisa di sematkan saja, kali aja pihak perusahaan lebih tertarik jika anda adalah pelamar dari luar negeri., hehe 😀
  • Alamat 
Penting sekali untuk di isi, kalau bisa isi lengkap di Daftar Riwayat Hidup anda yakni alamat sesuai E-KTP dan alamat saat ini, karena biasanya alamat KTP dan yang di huni saat melamar itu berbeda.
  • Status 
Idealnya di isi pada Daftar Riwayat Hidup anda, karena ini biasa digunakan untuk pelaporan pajak (Pph) bagi karyawan perusahaan, dan biasanya di update (diperbaharui) setiap akhir tahun, dalam hal ini status yang dimaksud adalah menikah (married) atau belum menikah (single), jangan isi dengan kata gaul “jomblo atau sejenisnya ya” 😊
  • Nomor Handphone & Email 
Poin yang teramat penting. Karena semua akan percuma jika pada Daftar Riwayat Hidup anda tidak ada nomor handphone atau email yang disematkan, maka al-hasil anda tidak akan pernah di panggil, kecuali  jika anda adalah salah satu keluarga dari karyawan di perusahaan tersebut yang bisa ditanyakin oleh pihak perusahaan 😊, tapi sebaiknya sematkan dan pastikan kontak tersebut aktif dan selalu standby.

2. Riwayat Pendidikan pada Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume

Daftar Riwayat Hidup tidak hanya berisi tentang data diri saja, tetapi juga tentang riwayat pendidikan yang menjadi tolak ukur latar belakang pendidikan kandidat pelamar kerja, meliputi ;
  1. Sekolah Dasar (SD)
  2. Sekolah Menengah Pertama (SMP) 
  3. Sekolah Menengah Atas (SMA)
  4. Universitas/Diploma
  5. Pasca Sarjana
Note : Pada Daftar Riwayat Hidup wajib memberikan keterangan pendidikan awal masuk & tamat/selesai tahun berapa. dan apakah berijazah atau tidak.

3. Riwayat Pengalaman pada Daftar Riwayat Hidup / CV / Resume   

Daftar Riwayat Hidup menjadi salah satu bagian penting mengenai diterima tidaknya diri anda dalam pekerjaan yang anda lamar, dalam hal ini anda wajib mengisi semua pengalaman kerja, terutama pengalaman kerja yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.

Dan yang paling terpenting adalah Jujur yakni data tersebut benar adanya dan didukung dengan referensi/paklaring/surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya, agar anda sebagai pelamar tidak di anggap mengarang bebas dengan tujuan agar keliatan banyak pengalaman.

Hal ini akan menjadi boomerang buat anda, manakala HRD., bertanya secara rinci saat interview tentang data pengalaman kerja sebelumnya, dan anda menjawab dengan data yang berbeda atau tidak sesuai, maka anda akan di anggap memberikan data palsu atau mengarang/bual.

Sedangkan pada Daftar Riwayat Hidup, dimana anda telah melampirkan referensi/paklaring/surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya saja, masih akan di receck (cek ulang kembali) pada perusahaan sebelumnya.

Karena biasanya untuk posisi-posisi tertentu seorang HRD. akan mencari tahu kredibilatas anda dari beberapa sumber, bisa bertanya pada HRD. mantan perusahaan anda sebelumnya, atau bahkan sharing ke Group HRD. se-indonesia terkait track record anda sebagai karyawan *bocoran dikit 😀, maka sangat disarankan JANGAN PERNAH MEMBERIKAN DATA PALSU”.

Dan satu lagi, sebisa mungkin saat anda mencantumkan pengalaman anda, jelaskan jabatan dan deskripsi pekerjaan anda selama menjabat, serta sematkan masa kerja anda berapa lama.

4. Riwayat Pengalaman Bagi Fresh Graduate (Belum Memiliki Pengalaman) Pada Daftar Riwayat Hidup / CV / Resume

Daftar Riwayat Hidup untuk anda yang baru tamat atau fresh graduate dan/atau sama sekali belum memiliki pengalaman kerja, disarankan cukup mengisi:

Belum memiliki pengalaman secara resmi", akan tetapi sampaikanlah kegiatan nonformal anda misal ; jika anda pernah mengikuti kegiatan seperti bekerja dengan orang tua, teman, atau mengikuti secara aktif kegiatan organisasi di sekolah, perkuliahan, dan sejenisnya, maka tulislah itu pada Daftar Riwayat Hidup anda.

Dalam hal ini anda akan lebih keliatan produktif dan aktif *tentunya informasi tersebut benar adanya, dan tidak berbohong 😊. Dari mana si interviewer tahu anda berbohong ? 😊, ya. dari cara anda menyampaikannya nanti.

Ingat meski anda adalah seorang fresh graduate, maka dalam Daftar Riwayat Hidup tetap anda jelaskan bahwa anda adalah fresh graduate dan memiliki pengalaman kegiatan nonformal meski dalam masa kuliah atau sekolah atau organisasi apapun itu, tunjukin anda adalah orang yang aktif. 

5. Mencantumkan Informasi Kemampuan (Skill) pada Daftar Riwayat Hidup

Informasi Kemampuan (skill) dalam Daftar Riwayat Hidup wajib tercantum, perlu anda ketahui, trickynya adalah : cantumkan kemampuan menyesuaikan pada posisi yang anda lamar, itu akan membuat interviewer semakin tertarik,

Misal ; anda melamar sebagai administrasi maka cantumkan di Daftar Riwayat Hidup anda bahwa anda menguasai bidang adminitrasi, menguasai mengetik sepuluh jari pada komputer, atau bisa penguasaan bahasa asing seperti inggris, mandarin dan lainya yang anda anggap menonjol atau dominan pada diri anda, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan untuk lanjut ke tahap undangan interview.

6. Menyematkan Informasi Hobi pada Daftar Riwayat Hidup / CV / Resume

Sebenarnya data ini opsional atau pilihan dicantumkan atau tidak, tetapi secara pribadi dibuat saja, kali saja sehobi dengan Interviewer atau HRD. nya 😄, namun secara psikologi, disarankan menyebutkan hobi yang berat seperti bermain bola kaki, berenang, dan lain sebagainya *tetap info nya harus sesuai dengan pribadi anda ya 😊 #jangan tipu – tipu.

7. Menyematkan Foto dalam Daftar Riwayat Hidup / CV / Resume

Penting kah ? yes. Sangat penting sebagai bahan penambahan administrasi dan Daftar Riwayat Hidup kita akan lebih keliatan menarik, usahakan menyematkan foto yang sudah ter-insert ke ms. Word agar lebih profesional *sistem tempel hardcopy pas foto juga boleh, serta foto tersebut adalah foto terbaru dan rapih.

8. Pengemasan Daftar Riwayat Hidup bersamaan dengan lampirannya

Saran saya tatanan sebelum di kemas dalam amplop maka urutannya adalah :
  1. Pas foto 4x6 > terletak di atas E-KTP.
  2. F.copy E-KTP, SIM jika ada
  3. Surat Lamaran yang sudah di perbaharui dan di tandatangani
  4. Daftar Riwayat Hidup *isi data harus sudah di update (diperbaharui)
  5. Lampiran lainnya seperti ; f.copy paklaring/rekomendasi kerja perusahaan sebelumnya, sertifikat apa saja yang kita miliki, dan lain sebagainya.
Note : jangan lupa di hekter dan di masukan ke dalam amplop *amlopnya dihekter juga agar Doc. keliatan lebih rapih dan safety. 😊

Kesimpulan 

Daftar Riwayat Hidup seperti sebuah proposal diri yang berisi promosi diri anda kepada sebuah Perusahaan yang anda lamar/tuju, berhubung ini adalah promosi, maka anda harus membuatnya semenarik mungkin dan se jujur mungkin.

Tetapi bagus belum tentu baik dan menarik, untuk membuat sebuah Daftar Riwayat Hidup yang bagus dan menarik, bisa memperhatikan Kerangka/struktur yang benar, bahasa yang benar sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan

*Jangan menggunakan bahasa pasaran apalagi bahasa daerah 😄, penulisan/pengetikan yang sempurna *tidak ada yang salah atau typo, dan ingat, meski anda berusaha membuatnya menarik, pastikan jangan sampai berlebihan yang akibatnya HRD. atau pembaca sulit dan malas membacanya karna tatanan dan informasi yang berlebihan.

Untuk bentuk dan model doc. nya, bisa anda kreasikan sendiri dan bisa menggunakan design yang banyak terdapat di google atau alat pencarian lainnya.

Berikut adalah beberapa Doc. Pdf contoh Daftar Riwayat Hidup yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi dan bisa anda download ;
Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh pertama Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-dua Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :
Daftar Riwayat Hidup (Pdf)


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-tiga Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :
Daftar Riwayat Hidup (Pdf)


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-empat Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :

Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-lima Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-enam Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-tujuh Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-delapan Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-sembilan Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-sepuluh Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-sebelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-duabelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-tigabelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-empatbelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :

Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-limabelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-enambelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-tujuhbelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-delapanbelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-sembilanbelas Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :


Contoh Daftar Riwayat Hidup Doc. Pdf lengkap & disukai HRD
Contoh ke-duapuluh Doc. Pdf Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume silahkan download pada icon di bawah :
Anda bisa mempelajari struktur awal dasarnya di artikel tersebut, selanjutnya data pada Daftar Riwayat Hidup anda bisa kreasikan sendiri, Tetapi ingat, semua harus sesuai aturan dan rapih serta jangan asal dalam membuatnya ya...

Atau jika anda memiliki keahlian menggunakan software photoshop atau software desain lainnya, dan bisa mendownload file contoh daftar riwayat hidup yang kreatif dan menarik di situs freepik.com atau canva.com

Demikian lah penjelasan mengenai Contoh Daftar Riwayat Hidup/CV/Resume Doc lengkap & disukai HRD.
Semoga bermanfaat dan membantu 😊...

Terimakasih...
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...

LihatTutupKomentar