-->

Tips Menjawab Pertanyaaan Interview Tentang Ceritakan Diri Anda

Tips for Answering Interview Questions "Tell me about yourself"
Ceritakan Tentang Diri Anda - Biasa di sampaikan di awal Pertanyaan Interview, mengertilah maksud dari pertanyaan tersebut agar jawaban anda tepat, serta HRD/User semakin yakin bahwa anda adalah kandidat yang tepat untuk bekerja dan menempati posisi yang sedang dibutuhkan. 

Coba anda ceritakan tentang diri anda” ? pertanyaan ini kelihatan sangat simple dan sederhana dalam interview, namun tidak setiap orang menganggap ini sederhana, dan saya fikir ini tidak boleh di anggap remeh atau sepele.

Mungkin bagi anda yang sudah terbiasa interview kerja, dan sudah banyak membaca tips dari pertanyaan dari “Ceritakan Tentang Diri Anda”, tentu memiliki jawaban yang terbaik. namun tahu kah anda sebenarnya bagaimana sih cara yang baik dan tepat sasaran dari pertanyaan tersebut.
Kira-kira apa saja yang harus di ceritakan, kenapa HRD/User sangat kepo dengan kehidupan anda 😄, sebatas mana kiranya harus diceritakan kepada HRD/User. 

Maksud dari pertanyaan Ceritakan Tentang Diri Anda yakni ;

* HRD/User sedang ingin menilai bagaimana cara anda berkomunikasi.

Saat ditanya terkait ceritakan tentang diri anda, maka persiapkan sebelumnya cara anda berkomunikasi dengan baik, Anda bisa melatih diri melalui cermin, latihan berbicara dengan teman atau saudara anda, kiranya expresi seperti apa yang baik untuk anda berikan kepada lawan bicara anda saat menjawab pertanyaan interview.

Kemudian gunakan bahasa yang baik sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), jangan terlalu cepat, jangan terlalu lambat, pastikan anda tidak gerogi dan pastikan rileks, tapi jangan terlalu santai juga ya. Sigapkan badan anda tetap rilex, dan tunjukin kalau anda siap menjawab pertanyaan dalam interview tersebut.

* HRD/User ingin melihat kepribadian anda secara general/umum

Awal mula anda ingin ceritakan tentang diri anda, maka saat itulah anda mulai dinilai secara psikologi, bak kata pepatah bijak “saat manusia mengeluarkan sepatah kata, maka saat itulah orang akan menilai”, jadi untuk pertanyaan “ceritakan tentang diri anda”.

Berusahalah untuk yakin dan percaya diri, dan anda menguasai urutan apa saja yang ingin anda ceritakan atau sampaikan, biasanya ini di nilai dari psikologi diri anda, maka usahakan tetap tersenyum semanis yang anda punya. tapi jangan genit yaa 😄

* HRD/User ingin mengetahui tentang keterkaitan anda dengan posisi yang sedang anda lamar, kemampuan anda, pengalaman anda, dan apa rencana anda kedepan.

Anda bisa menyampaikan kemampuan anda yang mendasar seperti sudah terbiasa bekerja pada posisi yang anda lamar, di kampus sering melakukan kegiatan sosial kepada banyak orang. Usahakan penyampaian kemampuan ini ada hubungannya dengan posisi yang anda lamar #my tricky 😊

Ingat, pertanyaan “ceritakan tentang diri anda” tersebut tidak dimaksud untuk mengetahui kisah hidup anda apalagi kisah cinta anda, namun lebih ke tentang kompetensi dan pengalaman Anda.

Anda harus benar benar mempersiapkan jawaban yang baik untuk menjawab pertanyaan interview tersebut, karena saat disuruh ceritakan tentang diri anda, biasanya menjadi pertanyaan pembuka bagi HRD/User, jadi usahakan kesan pertama memberikan nilai baik.

Di undang untuk interview adalah kesempatan pertama dan sekaligus kesempatan terbaik untuk mendapatkan perhatian serta menjual diri kepada  HRD/User tentang diri anda dan alasan mengapa mereka memutuskan untuk memilih anda guna mengisi posisi yang dimaksud.

Tips Menjawab Pertanyaan Interview "Coba Anda Ceritakan Tentang Diri Anda"

1. Ceritakan Tentang Diri Anda mulai dari Hal Yang Mendasar

Pertama sekali anda sampaikan dari hal yang mendasar, seperti ;
  • Nama lengkap dan nama panggilan (nama kecil), Misal ; baik, perkenalkan nama saya Budi Handoko, saya biasa dipanggil Budi...
  • Tempat dan tanggal lahir (usia), Misal ; Saya lahir di Medan, dan dibesarkan di medan, usia saya saat ini adalah bulan juni nanti akan genap 25 tahun. 
  • Anak ke berapa dari berapa bersaudara, Misal ; saya anak dari pertama dari lima bersaudara.
  • Asli tempat tinggal dan saat ini tinggal dimana dan bersama siapa, Misal ; Saat ini saya tinggal di rumah keluarga/ngontrak/kost bersama orang tua saya dan adik adik saya.
  • Bagaimana hobi anda ? Saran saya, ceritakan tentang diri anda terkait hobi, dan sampaikan lah hobi yang berat-berat 😊 seperti bermain bola kaki/footsal/berenang/membaca buku/dll., meski anda tidak aktif lagi, yaa sampaikan saja. Tapi jangan hobi tersebut tidak pernah anda lakukan sebelumnya ya sama saja bohong 😊, ntar keliatan banget anda baca artikel saya ini 😄 , intinya sampaikan hobi yang kegiatannya energik.
  • Anda typecal orang yang seperti apa ? apakah penyabar ? pekerja keras ? dan lainnya, Ingat jangan sampaikan hal yang negatif seperti ; pemarah, tidak suka di atur, dan lain sebagainya, mungkin anda bisa ceritakan tentang diri anda terkait karakter anda, bisa anda adalah seorang yang tidak mau ribet, dan disipilin, dls. 
  • Anda memiliki ketertarikan dibidang apa ? Ceritakan tentang diri anda tertarik dibidang apa, dan sesuaikan dengan posisi yang anda lamar, misal anda melamar sebagai administrasi pembukuan, maka sampaikan ketertarikan anda pada bidang tersebut seperti ; anda sangat menyukai pekerjaan yang statistik, mem file dokumen dengan rapi, dan lain sebagainya. 

2. Ceritakan Tentang Diri Anda dengan menyampaikan hal-hal yang penting 

Langkah selanjutnya adalah menyampaikan hal yang pernting pada diri anda seperti ;
  • Prestasi anda di kampus atau tempat kerja sebelumnya atau di lingkungan rumah anda.
  • Project yang pernah anda lakukan di kampus atau tempat kerja sebelumnya atau lingkungan rumah anda
  • Bagaimana anda membuat waktu anda menjadi produktif, Bisa anda sampaikan, misal ; anda selalu membiasakan diri untuk bangun pagi, dan mengerjakan apa yang bermanfaat untuk orang sekitar seperti keluarga dan teman, atau memfokuskan melamar kerja di banyak perusahaan yang membuka peluang yang cukup banyak untuk di terima dan memilih pekerjaan yang layak. 

3. Meringkas Materi

Kuasai materi yang ingin anda sampaikan, buat bahasa nya lebih singkat jangan terlalu banyak blunder atau muter muter, toh itu itu juga yang anda sampaikan, pastikan penyampaian anda ringkas tapi informatif.

4. Hindari Tanpa Persiapan jawaban atas pertanyaan “Ceritakan Tentang Diri Anda"

Berilah kesan bahwa anda benar siap untuk interview, Tanpa mempersiapkan jawaban atas pertanyaan ceritakan tentang diri anda, anda akan memberikan kesan tidak baik, karena ini adalah awal dari anda persentasi kan diri, jika anda tidak mempersiapkan jawaban ini, asumsi saya, maka anda akan dinilai ;
  • Sebagai orang yang tidak memanfaatkan kesempatan yang diberi.
  • Tidak pandai berkomunikasi secara jelas.
  • Anda bukan orang yang terorganisir
  • Kualifikasi anda mungkin terlalu tinggi atau bisa terlalu rendah.
  • Anda akan keliatan seperti mengarang 
Kebanyakan dari pencari kerja saat ditanya seperti ini, hanya seperti ngobrol biasa, dan mengarang tentang hidup nya, keluarganya, dan lainnya. Pahamilah, ini bukan ajang untuk mengobrol seperti di kafe kafe.

Melainkan ini adalah saat dimana anda menjelaskan diri anda secara ringkas dan informatif yang harapan anda bisa membuat HRD/User tertarik kepada anda sehingga kesan interview pertama memberikan value untuk pembahasan selanjutnya. 

Informasi Lisan Dengan CV Sekurang-Kurangnya Harus Sama

Ingat, hati hati saat anda ceritakan tentang diri anda, jangan sampai informasi yang anda sampaikan berbeda dengan CV atau formulir yang diisi dan diberikan kepada HRD/User, karena biasanya interviewer akan mensurvey informasi yang anda berikan apakah sama dengan data di CV/formulir. 

Jika itu berbeda, maka akan menjadi boomerang buat anda, bisa bisa interviewer males untuk melanjutkan pertanyaannya, karena anda dianggap berbohong. 

Bahasa tubuh (Body Language)

Saat anda ceritakan tentang diri anda jangan terlalu kaku, rilex tapi tidak terlalu rilex juga, sampaikan seyakin yakinnya dan tatap mata nya, jangan memandang ke sana sini, itu mengartikan anda sedang tidak percaya diri dan bingung mau menyampaikan apa karena anda tidak mempersiapkannya, ingat pandangan yang sopan adalah mulai dari mata sampai ke atas kepala. 

Kesimpulan

Saran saya, semua yang disampaikan di atas, haruslah anda persiapkan dan urutkan dengan baik, bila perlu anda catat kerangka penyampaiannya dan di latih sebelum interview, jika anda sudah menguasainya.

Maka semua yang anda catat yang terkesan banyak sekali, akan keliatan lebih ringkas, dan jelas, tentunya akan menarik. Ingat kalau ingin sempurna, maka persiapkan semuanya sebelum sesi interview di selenggarakan, 

karena latihan terus menerus akan membuatnya semakin sempurna, HRD/User/Interviewer juga manusia biasa, dan mereka juga pernah di posisi pencari kerja dan mengikut sesi interview yang mudah bias dengan impresi awal dengan seseorang, so. practice and be well prepared. 

Dan jangan lupa perhatikan penampilan gaya bicara, dan bahasa tubuh anda, buat semuanya meyakinkan saat anda ceritakan tentang diri anda. 

Semoga ini bermanfaat dan membantu, Goodluck ....
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...
LihatTutupKomentar