-->

Cara Kirim Surat Lamaran Melalui Email

How To Send An Application Via Email
Kirim Lamaran Lewat Email – merupakan salah satu cara yang sangat efektif dilakukan, karena mudah dan dokumen yang di review akan lebih kelihatan profesional.

Pendahuluan 

Terkait kirim lamaran lewat email, sekedar berbagi pengalaman, saya dan teman-teman se-group HRD sering sekali sharing perihal Surat lamaran Kerja yang masuk ke inbox kita, dan kita sering kewalahan menshortir email masuk dari banyaknya pelamar bahkan terkadang sampai full inbox.
Karena waktu yang kami butuhkan tidak hanya menshortir email saja, maka kami akan memproses yang kami rasa prioritas dan sesuai kriteria, tentunya.

So, jika kirim lamaran lewat email tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh seorang HRD maka jangan harap anda akan lanjut ke tahap seleksi selanjutnya, bahkan bisa jadi email anda tidak pernah di buka sama sekali, bahkan hanya masuk sebagai spam saja.

Oleh karenanya, jadikanlah cara kirim lamaran lewat email anda semenarik mungkin dan hindari kesalahan yang dapat membuat Doc anda di abaikan atau di acuhkan oleh HRD.

Jika anda sudah membuat Surat Lamaran Kerja serta doc. Pendukung lainnya dengan baik dan semenarik mungkin, yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan yang kemudian mengirim dokumen agar sampai kepada si pembaca dalam hal ini adalah HRD atau Perwakilan Perusahaan yang di tuju. Bagaimana cara kirim lamaran lewat email ?

Baik, saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara kirim lamaran lewat email yang baik dan benar dan segera di baca oleh HRD. 

Bagaimana Cara Kirim Lamaran Lewat Email Agar Segera Di Baca Oleh HRD.

  • Membaca dengan baik iklan yang di posting oleh pihak perusahaan/HRD.
Dalam konteks Kirim Lamaran Lewat Email, maka wajib perhatikan “note” dari HRD yang memposting iklan tersebut, biasanya jika HRD sudah terbiasa meminta kirim lamaran lewat email akan ada note penulisan subject email untuk mengirim berkas CV anda, agar mempermudah HRD menshortir kandidat sesuai yang dicari, dengan demikian cara kirim lamaran lewat email anda lebih terperinci.

Misal : mohon mengirimkan CV via email dengan subject: Jabatan yang dilamar_Penempatan_Nama Lengkap. maka cara kirim lamaran lewat email anda harus mengikuti seperti itu, yakni ; Administrasi_Medan_Budi Handoko.

Saran saya, buat saja seperti itu subjectnya, meski tidak ada permintaan isi subject di iklan, karna lebih mudah HRD menshortirnya “by subject”  
  • Konfirmasi Email Setelah Kirim Lamaran Lewat Email
Dalam hal ini berlaku jika nomor kontak/wa termaktub pada iklan, usahakan setelah anda kirim lamaran lewat email, maka konfirmasikan email anda bahwasanya anda baru saja mengirim Daftar Riwayat Hidup/CV melalui email, dan sebutkan alamat email anda, subject email dan waktu pengiriman email tersebut, dengan demikian cara kirim lamaran lewat email anda tentu akan keliatan lebih lengkap.

Catatan penting dalam cara kirim lamaran lewat email

Yang pertama, Saat setelah kirim lamaran lewat email, Jangan memberikan konfirmasi di luar jam kerja, khawatir info anda akan di abaikan atau mengganggu privasi si penerima email. 

Kedua, Pada badan email, saat kirim lamaran lewat email gunakanlah bahasa yang sopan dan baik;
Misal : "pagi pak/buk, maaf mengganggu, saya hanya ingin konfirmasi bahwa saya baru saja mengirim email pada jam ..... dengan subject email ...... dan alamat email saya adalah ..... besar harapan saya untuk diberi kesempatan menjelaskan kemampuan saya, atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terimakasih", 

Ketiga, Jangan pernah konfirmasi via telp jika tidak ada informasi, usahakan melalui text *sekarang sudah serba Whatsapp, atau bisa via sms.

Tambahan : 
Jika dalam catatan cara kirim lamaran lewat email si HRD hanya seperti “mengirim surat lamaran kerja lewat email” saja, maka anda tidak perlu mengantar berkas anda langsung ke perusahaan, cukup lewat email saja, karna hanya akan membuang-buang waktu, percuma jika yang diprioritaskan HRD adalah kirim lamaran lewat email. Kecuali jika di iklan tersebut ada permintaan silahkan kirim ke alamat langsung atau lewat email, maka silahkan antar langsung dan bisa kirim lewat email.

Cara Kirim Lamaran Lewat Email Yang Baik dan Benar 

  • Sebelum kirim lamaran lewat email Update/Perbaharui Daftar Riwayat Hidup/CV anda., dan simpan dalam bentuk PDF ukuran kapasitas rendah namun elok untuk di view (dilihat).
  • Persiapkan Dokumen standar yang ingin anda lampirkan lewat email, tentunya dalam bentuk soft copy (pdf) seperti; Surat Lamaran, Daftar Riwayat Hidup, KTP, Pas Foto, Paklaring/Referensi kerja sebelumnya, dan Dokumen pendukung lainnya, penting dalam kirim lamaran lewat email.
  • Terkait kirim lamaran lewat email, tentunya anda harus memastikan sudah memiliki alamat email penerima (HRD/Perwakilan Perusahaan) yang valid atau benar *tidak kurang  huruf atau angka, agar email anda sampai pada tujuan.
  • Saat kirim lamaran lewat email silahkan isi badan email anda dengan singkat *tidak perlu panjang
Misal : "Dear Pak/Ibu, saya telah mendapat informasi dari surat kabar analisa bahwasanya perusahaan bapak/ibu membutuhkan karyawan untuk posisi A, saya Budi Handoko ingin melamar di perusahaan bapak/ibu, mohon diberikan kesempatan saya untuk interview agar saya dapat menjelaskan tentang saya secara details",
Note : terlampir beberapa dokumen saya untuk menjadi pertimbangan bapak/ibu, 
Thanks,
Dalam tata cara kirim lamaran lewat email usahakan pada badan email, tidak perlu mengisi apa yang sudah anda isi di surat lamaran, cukup seperti yang saya sarankan diatas saja, karena sejujurnya itu jarang sekali di baca 😊, kebanyakan HRD hanya berfokus pada badan email singkat dan lampiran.

Berikut adalah Tutorial Singkat Cara Kirim Lamaran Lewat Email

  • Buka Email anda (gmail.com) dan masukan alamat email anda
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Klick Compose/Tulis
Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Isi tujuan --> to : *masukan alamat email yang dituju
  • Jika ada CC, maka masukan cc yg di tuju ;
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Masukan Subject seperti yang saya sarankan di atas atau sesuaikan permintaan iklan lowongan kerja yang di posting pihak Perusahaan ;
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Isi badan email ; biasa tertulis dengan “Tulis Email” --> badan email bisa menggunakan seperti yang saya sarankan di atas.
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • PASTIKAN LAMPIRAN DOKUMEN SUDAH ANDA LAMPIRKAN, caranya ; klik “Lampirkan file” atau klik “attachment” kemudian pilih dokumen yang anda simpan pada komputer.
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Jika cara kirim lamaran lewat email semua sudah anda lakukan maka anda tinggal kirim dengan klik send/kirim,
Cara Kirim Lamaran Lewat Email
  • Dan jika sudah anda klick send. Maka lihat kembali sent terkirim sekedar memastikan apakah sudah masuk di list email terkirim. Jika sudah ter list, maka it’s done, kirim lamaran lewat email anda selesai.
Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Apakah Sopan Jika Cara Kirim Lamaran Lewat Email Di Luar Jam Kerja ?

Menurut hemat dan pengalaman saya, untuk kirim lamaran lewat email alangkah lebih elok pada jam kerja yang efektif yakni pada kisaran pagi antara jam 08:00–11:00 dan setelah istirahat pada jam 13.30-15.00, Selain lebih sopan, kemungkinan dilihat dan tidak terlewat oleh HRD lebih besar karena pada waktu tersebut merupakan jam kerja disaat mereka sedang mengecek email masuk.

Jangan Kirim Lamaran Lewat Email Dengan Melakukan Beberapa Hal Dibawah Ini : 

  • Alamat tujuan yang anda buat dengan banyak tujuan alamat email
Selain tidak sopan, anda akan kelihatan kurang elegant, kenapa saya bilang seperti itu ? karena dari situ HRD menilai anda adalah orang yang kurang memiliki daya jual secara administrasi, jika anda ingin mengirim surat lamaran kerja lewat email maka kirim lamaran lewat email anda hanya satu tujuan sesuai iklan yang di posting HRD.
  • Saat kirim lamaran lewat email Tidak mengisi subject 
Please !!! tolong !!! jangan abaikan ini, karena anda akan keliatan sepele atau tidak serius dengan tujuan anda untuk diperhatikan secara email, maka sebelum kirim lamaran lewat email anda isilah subject sesuai saran saya tadi jika tidak ada note dari iklan HRD.
Hal ini juga akan membuat email anda bisa menjadi kategori mencurigakan dan bisa di anggap spam, dan spam sangat rentan tidak dibaca dan di hapus oleh penerima. 
  • Tidak mengisi “badan email” saat kirim lamaran lewat email
Salah satu etika dalam kirim lamaran lewat email adalah mengisi badan email, maka berilah sapa kepada tujuan email anda, dan sampaikan maksud anda mengirim email dan melampirkan berkas anda. Jika hal itu tidak anda lakukan, maka anda adalah kandidat yang kurang sopan.
  • Saat kirim lamaran lewat email Jangan pernah forward 
Forward Email artinya adalah anda hanya mengirim ulang email lama anda yang sebelumnya. Ini hampir mirip dengan poin (c), tidak sopan!.
  • Saat kirim lamaran lewat email tidak melampirkan Daftar Riwayat Hidup/CV
Ini adalah poin terpenting dan sejarah singkat anda, dimana kebanyakan HRD lebih sering hanya membaca Daftar Riwayat Hidup/CV anda saja, maka dari itu pastikan CV anda sudah terlampir saat akan kirim lamaran lewat email.

Kesimpulan

Kirim Lamaran Lewat Email adalah terbaik jika itu permintaan dari perusahaan, pastikan anda sudah benar, namun jika tidak memahami aturan yang mendasar dalam tata cara dan etika saat kirim lamaran lewat email, maka akan sangat disayangkan jika email anda di abaikan, so tunjukin keseriusan anda dalam kirim lamaran lewat email, ini penting pada tahapan awal administrasi.

Demikianlah Penjelasan terkait cara kirim lamaran lewat email, Jika ada yang ingin memberikan masukan, silahkan, saya hanya mencoba berbagi pengalaman saja. Semoga bermanfa’at dan membantu....
terimakasih 😊.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...
LihatTutupKomentar