-->

Tips Menjawab Pertanyaaan Interview Tentang Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda

Tips for Answering Interview Questions "What are your strengths and weaknesses"
Kelebihan dan Kekurangan - Saat mendapatkan pertanyaan interview mengenai “apa kelebihan dan kekurangan anda”, sejujurnya saya pribadi sulit untuk menjawab, karena bila dikaji lebih dalam, akan banyak kekurangan diri dan kelebihan diri, bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui sebenarnya apa kelebihan dan kekurangan diri.

Tips Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri

1. Bertanya Kepada Orang Lain

#Kelebihan ; Tips ini sangat membantu sekali untuk mengetahui pertanyaan interview dari “apa kelebihan dan kekurangan, anda bisa mencoba mengetahui kelebihan anda baik secara fisik, moril, maupun materil adalah dari orang lain, tepatnya adalah orang yang menyukai anda, mungkin bisa sahabat, keluarga, saudara atau siapapun yang mengenal baik dan menyukai anda.
Karena mereka tentu mengatakan dengan tulusnya kelebihan dan kebaikan anda selama kalian saling mengenal, dan dari situ anda bisa memiliki poin poin besar apa yang menjadi kelebihan dan silahkan anda rangkum serta kembangkan.

#Kekurangan ; ini adalah kebalikan dari yang saya sampaikan di atas yakni anda dapat mengetahui kekurangan anda dari orang lain, tapi bukan dari orang yang menyukai anda, melainkan dari orang yang membenci atau memusuhi anda dengan sempurnanya 😄.

Karena mereka tentu akan hanya sibuk menghabiskan waktu  dengan mencari-cari kesalahan anda setiap waktunya bahkan tanpa anda sadari, sehingga mereka selalu uptodate mendapat bahan materi untuk membincangi kekurangan dan keburukan anda.

Dari situ anda akan mengetahui kekurangan diri dan keburukan apa saja yang anda miliki, dan ucap syukurlah bila kalian mempunyai “haters/Pembenci”, karena dengan adanya mereka yang menjelek-jelekan, menghina, dan merendahkan, anda semakin mudah untuk selalu memperbaiki diri sehingga anda semakin matang dan dewasa 😊.

2. Mengkaji Diri Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Mengenal, mengetahui dan memahami bahwa setiap manusia memiliki perbedaan, pelajari bagaimana diri anda berbeda adalah tahapan awal untuk mengetahui siapa diri anda. Cobalah untuk memahami dan mempelajari kekurangan diri, kemudian membuat list daftar kekurangan dan kelebihan anda, ask your self “tanya diri anda” apakah kamu ingin merubah kekurangan mu dan meningkatkan bibit bibit kelebihan mu ? just do it. 😉

3. Meluangkan Kegiatan Positif Untuk Diri Sendiri

Ini lebih kepada mengetahui sebenarnya apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda kelak. So, lakukan kegiatan apapun itu selama itu masih hal yang positif dan wajar, apa saja. Yaa apa saja... semakin anda memiliki banyak kegiatan dan menyukainya.

Maka secara otomatis tingkat kesadaran anda bahwa kelebihan dan kekurangan anda dimana, dengan demikian setiap waktu anda akan terus mengasah diri untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan bibit potensi kelebihan diri sendiri.

Percayalah, setiap kegiatan yang anda lakukan atau bisa mencoba sesuatu yang baru, dimana ada dua pilihan, yang pertama jika setelah anda melakukan dan membuahkan hasil yang memuaskan diri, maka itu adalah kelebihan anda, dan tingkatkan lagi.

Kemudian yang kedua jika anda telah melakukan namun tidak membuahkan hasil apapun, bahkan anda merasa tidak puas, maka jangan berputus asa! tapi tariklah kesimpulan bahwa itu adalah kekurangan anda, dan perbaiki lah dari berbagai macam cara, bisa minta bantuan teman dan lainnya yang akhirnya akan semakin matang lah diri anda. 

Tips Menjawab Pertanyaan “Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda”

Bila HRD/User menanyakan perihal kelebihan dan kekurangan saat interview, apa sih sebaiknya yang harus kita jawab ? kelebihan dan kekurangan yang seperti apa yang di inginkan, apakah itu kemampuan diri, atau fisik ? atau bahkan masalah yang sifatnya pribadi ?
Lalu, akan timbul pertanyaan lanjutan “ bagaimana mengatasi kekurangan anda yang anda sebutkan tadi” hayoooo,,,, 😃

Berikut Adalah Penjelasan Untuk Disimak dan Pelajari

Pertanyaan "kelebihan dan kekurangan" bukanlah mencari jawaban yang benar, melainkan mencari tahu pola fikir dari pengenalan diri secara psikologi. 
Saya garis besarkan ya, HRD/User mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan anda. Ingin mengetahui beberapa hal berikut ;
  • Mengetahui apakah kemampuan anda dengan apa yang dibutuhkan perusahaan sesuai atau tidak.
  • Apakah anda memiliki potensi untuk mengemban pekerjaan dengan baik dikemudian nanti jika diterima.
  • Membandingkan kandidat lain dengan anda, tentu HRD/User ingin melanjutkan kandidat yang terbaik dari yang terbaik dari berbagai cara.
  • Mengetahui mampukan anda memberikan kontribusi perubahan yang baik terhadap perusahaan atau setidaknya kepada satu divisi anda kelak.
  • HRD/User akan menyimpulkan apakah kepribadian melalui penyampaian kelemahan dan kelebihan anda sesuai dengan budaya dan tehnis kerja pada perusahaan yang anda lamar, salah satu metode untuk mengetahui itu adalah dengan cara mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan anda. 

Cara Menjawab Pertanyaan Interview “Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda” 

1. Percaya Diri dan Penuh Keyakinan

Modal utama agar penyampaian kita didengar dan dipercaya oleh lawan bicara adalah Percaya diri dan memberikan keyakinan, terutama dalam interview kerja, jika anda ragu dan tidak percaya diri, anda akan memberikan kesan awal yang tidak baik, serta meragukan HRD/User, asumsi negatif lain akan muncul bahwa anda tidak mengenal baik diri sendiri.

2. Sampaikan Secara Jujur

Selanjutnya, dalam menjawab kelebihan dan kekurangan diri adalah harus berkata jujur, sebab HRD/User akan mengetahui bahwa anda orang yang tidak jujur, dimana akan keliatan dari poin poin yang anda sampaikan, dari situ akan muncul keraguan, maka untuk menghindari keraguan dan asumsi bohong, sampaikan lah yang sejujur-jujurnya.

3. Menyampaikan Kelebihan Yang Menutupi Kekurangan

Nah inilah salah satu trik yang membuat HRD/User tertarik dan berkesan, saat anda menyampaikan kekurangan anda, baik itu berupa psikologi, materi, ataupun moril, maka pilihlah salah satu kekurangan anda yang anda sudah tentu mengetahui cara mengatasinya.

Maka dari penyampaian kekurangan, anda akan secara otomatis menyampaikan kelebihan anda juga, yang dimana biasanya akan muncul pertanyaan selanjutnya, bagaimana anda cara mengatasi kekurangan tersebut” *sudah anda jawab bukan ?! anda hanya tinggal mengulang kembali penjelasan anda jika pertanyaan itu muncul lagi. 

Hayooo jika anda bingung memahami 😊,,
baik, saya buat contoh yaa ;
Bisakah anda memberitahukan kepada saya, apa kekurangan anda? Atau mungkin terlebih dahulu di tanya “apa kelebihan anda”? 
Jawabnya kurang lebih seperti ini ya ;
"Baik, terimakasih pak/buk, Sejujurnya saya memiliki kekurangan sangat banyak, tetapi salah satunya adalah saya type orang yang pelupa, saya sering sekali lupa dengan apa yang akan saya lakukan selanjutnya, meski pada awalnya saya ingat betul, akan tetapi meskipun demikian saya juga memiliki kelebihan pak/buk, dengan kekurangan yang demikian, saya sadar harus berbuat apa yakni saya sangat sering mencatat apa apa saja yang harus saya lakukan, biasanya saya membuat catatan update di handphone. Bahkan saya telah mencatat apa apa saja yang ingin saya tanyakan kepada bapak/ibu"
Begitu lah yang saya maksud, dan kalau bisa catatannya, anda tunjukin kepada Interviewer, pasti dia tersenyum 😉, ingat sampaikan dengan yakin, percaya diri, dan rendah hati.

Saya memiliki pengalaman ini sebelumnya, saat saya menanyakan pertanyaan “kelebihan dan kekurangan” ini, kandidat tersebut dengan baiknya dan meyakinkan menjawab atas pertanyaan saya, seperti sudah dipersiapkan dan terstruktur sekali.

Sampai akhirnya, yaaa pada saat itu belum familiar handphone, jadi kandidat tersebut menunjukan begitu banyak catatanya di buku kecil yang dia bawa, mulai dari profile company yang dirangkumnya dari internet sampai dengan pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada saya.

Saat itu saya menyimpulkan bahwasanya kandidat tersebut sangat serius untuk bergabung dan dari penyampaiannya sangat menunjukan ketertarikannya terhadap perusahaan yang dilamar.  

Ingat ya, contoh yang saya sampaikan bisa anda hubungkan dengan kekurangan anda yang lainnya, yang intinya adalah anda harus mempersiapkan jawaban cara mengatasi kekurangan anda tersebut, yang mudah dibuktikan kepada HRD/User.

Kesimpulan 

Kelebihan dan Kekurangan adalah hal yang relatif, dalam hal ini yang terpenting adalah bagaimana caranya kita menyampaikannya kepada Interviewer dengan percaya diri, meyakinkan dan memberikan kesan yang baik, sehingga kita mendapatkan pertimbangan yang berbeda dari kandidat lainnya.

Mungkin itu saja yang bisa disampaikan, kurang dan lebih saya mohon maaf, jika ada kritik dan saran saya akan sangat terbantu, karena itu yang saya tunggu 😊
Semoga bermanfaat
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...
LihatTutupKomentar