-->

5 Pertanyaan Interview Yang Sering Diabaikan dan Cara Menjawabnya

5 Frequently ignored Interview Questions and Answers
Pertanyaan Interview - Saat interview anda akan mendapatkan pertanyaan interview yang tanpa sadar terabaikan, perlu diketahui setiap pertanyaan tentu ada maksud dan tujuan, maka jangan pernah lupa untuk mempersiapkan jawaban-jawaban yang tak terduga dari anda untuk HRD/User.

Bagaimana sih sebenarnya memberikan jawaban atas pertanyaan interview dengan sempurna ? 

5 Pertanyaan Interview Yang Sering Diabaikan dan Cara Menjawabnya

1. Apakah anda mengetahui posisi yang anda lamar sebagai apa 

Pertanyaan Interview yang sangat simple bukan ? simple tapi bukan berarti di abaikan ya, pertanyaan ini bisa menjadi kesempatan anda untuk menjabarkannya dan membuat HRD/User tertarik kepada anda, so,  anda harus memberikan jawaban atas pertanyaan interview tersebut sesuai informasi yang anda dapat, anda melamar sebagai apa dan sampaikan ketertarikan anda pada posisi tersebut karena apa?
Misal : saya melamar sebagai sales executive, saya tertarik pada posisi ini karena ;
Jika anda fresh graduate, maka anda bisa sampaikan ;
“Karena saya tipe orang yang suka bercengkrama dengan banyak orang bahkan suka bergaul dengan orang yang baru kenal sekalipun, saya juga suka berbicara, dan biasanya jika saya berbicara kepada banyak temen, saya selalu di percaya dan di dengar, saya rasa saya bisa menjual product yang perusahaan ini jual,  dan lain sebagainya".
Tentunya anda juga harus mengetahui sebelumnya perusahaan itu bergerak dibidang apa, jangan hanya teori lisan saja, bisa saja pertanyaan interview yang sejenis berlanjut dan anda di tanya balik ; apakah anda mengetahui product kami apa ? syukur kalau anda bisa menjawab nya, tapi jika tidak, maka sama saja jawaban anda akan keliatan membual.

Jika anda berpengalaman, maka jawaban atas pertanyaan interview tersebut cukup sampaikan ;
“Saya sangat yakin dengan posisi ini, karena selain saya sudah memiliki pengalaman pada posisi ini, saya juga yakin product ini tidak sulit untuk di jual".
Jika caranya sudah benar, dan anda kembangkan dengan menggabungkan pengalaman anda sebelumnya yang pernah menjabat pada posisi tersebut.

2. Menurut anda posisi tersebut tanggung jawabnya seperti apa

Jangan datang tanpa informasi saat pertanyaan interview jenis ini ya, karena jika anda tidak mengetahui posisi itu secara garis besar saja, anda akan di anggap tidak akan bisa bekerja nantinya ;

#Jika anda fresh graduate, maka pertanyaan interview seperti itu anda harus cari tau dan beri jawaban secara rinci posisi yang anda lamar mulai dari defenisi sampai dengan tanggung jawabnya, banyak sumber media untuk anda bisa kembangkan pengetahuan, bisa melalui google searching, tanya ke teman, dan lain sebagainya. 

#Jika anda seorang berpengalaman, dan paham betul posisi tersebut, maka akan lebih mudah anda menjelaskan atau memberikan jawaban secara rinci atas pertanyaan interview tersebut, karena anda hanya akan menceritakan pekerjaan anda di perusahaan sebelumnya. Anda bisa sampaikan ;
“Saya akan mengikuti budaya positif di perusahaan ini, dan bila rasa diperlukan budaya positif diperusahaan sebelumnya akan di lakukan seperti bla bla bla”. 
Anda lebih paham pekerjaan anda sebelumnya, maka jabarkan se rinci mungkin dari pertanyaan interview itu. 

3. Bisa anda jelaskan kemampuan yang anda miliki ?

Saat interview anda akan mendapatkan pertanyaan interview yang tanpa sadar terabaikan, perlu diketahui setiap pertanyaan tentu ada maksud dan tujuan.

Pertanyaan interview ini wajib anda ketahui tujuannya apa ? sebenarnya HRD/User akan lebih tertarik bila jawaban anda adalah menyebutkan atau menyampaikan kemampuan yang sesuai dengan posisi yang anda lamar, baru kemudian anda kembangkan jawaban dengan kemampuan yang berbeda posisi.

Misal ; anda melamar sebagai Analyst Staff, dan saat pertanyaan interview tersebut muncul, maka anda harus menjawab kemampuan anda pada “analyst staff”, seperti anda mampu mengoperasikan komputer dengan baiknya, terutama dalam pengolahan data by excel.

Maka anda sampaikan bahwa anda expert di bidang itu, baru kemudian anda sebutkan kemampuan yang berbeda posisi seperti anda juga mampu menjadi admin gudang *kemudian anda sebutkan pekerjaan anda sebelumnya, ingat!, dominan kan penyampaian kemampuan sesuai posisi yang anda lamar.

Jika anda merasa tidak ada kemampuan di posisi itu, maka itu akan sangat di sayangkan, maka dari itu pelajari dan asah kemampuan anda sebelum pertanyaan interview diselenggarakan, karena biasanya jika anda memberikan jawaban “kemampuan anda sesuai dengan posisi yang anda lamar”.

Itu akan membuat HRD/User bersemangat, bisa jadi anda akan di test langsung apakah jawaban anda sesuai dengan test atau tidak, saat itu lah anda membuktikannya secara objective yang akhirnya HRD/User yakin kalau anda mampu bekerja. 

Ingat ! jangan karena anda belum pernah menjalankan posisi yang anda lamar atau anda seorang fresh graduate, lantas anda tidak berani memberikan jawaban bahwa anda mampu di posisi tersebut, come on! Pertanyaan interview tersebut sangat penting.

Banyak cara untuk menjadi pintar ; belajar dengan teman, googling, asah pengetahuan dan kemampuan anda, sehingga anda paham betul kemampuan apa yang harus di kuasai pada posisi tersebut, tidak ada yang tidak mungkin, sekalipun anda fresh graduate atau belum pernah bekerja pada posisi tersebut.

Jika anda menyampaikannya dengan gaya bicara yang baik dan meyakinkan, maka itu poin untuk anda. maka “prepare u’r self to be the best candidate”

4. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami ?

Pertanyaan Interview jenis Ini sangat sering sekali di tanya oleh HRD/User, pertanyaan yang berbunyi “apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?” itu tidak lain ingin mengetahui sejauh mana anda tertarik dengan perusahaan yang anda lamar.

Jika anda tidak berhasil memberikan jawaban atas pertanyaan interview tersebut, maka anda akan di nilai tidak perduli dan tidak serius untuk melamar. Logikanya, bagaimana perusahaan tertarik kepada anda, sementara anda tidak menunjukan ketertarikan kepada perusahaan ? it’s logic bro/sist.

Jadi, untuk anda para pencari kerja, jadilah job seeker (pencari kerja) yang cerdas dan kritis yakni seharusnya anda sudah mempersiapkan data informasi tersebut, bila perlu anda hafal dan pahami, agar anda dengan baiknya menjawab pertanyaan interview tersebut.

Sehingga HRD/User akan tertarik dan antusias kepada anda atas pengetahuan tentang perusahaan tersebut, please! jangan hanya melamar dan kemudian datang karena hanya memenuhi undangan saja, tapi tidak membawa bekal apapun tentang pengetahuan ini. Sekali lagi saya mengingatkan jadilah pencari kerja yang cerdas dan kritis. 

Mungkin untuk memudahkan mendapatkan jawaban atas pertanyaan interview tersebut, anda bisa melakukan beberapa persiapan berikut ;

Cari Informasi Seluk Beluk Perusahaan
Mencari tahu mulai dari awal iklan itu di terbitkan sampai pada searching google dengan kata kunci nama perusahaan adalah langkah cerdas bagi pencari kerja, dengan melakukan beberapa riset.

Hal itu akan mempermudah anda merangkum tentang perusahaan itu seperti apa dan secara otomatis akan membantu anda juga jika muncul pertanyaan interview “apa yang anda ingin pertanyakan tentang perusahaan ini”, dimana anda ingin memastikan data yang anda dapat dari beberapa sumber apakah benar adanya, yang kemudian HRD/User tersebut akan menjelaskan informasi atau jawaban yang sebenarnya.

# Buatlah Catatan 
Silahkan anda buat kerangka catatan pengetahuan tentang perusahaan tersebut, seperti ;
  • Profil perusahaan tersebut berdiri sejak kapan
  • Sudah berkembang di kota mana saja
  • Bergerak dibidang apa saja
  • Lokasi penempatan nantinya akan dimana 
# Berlatihlah Menjawab Pertanyaan Interview
Lakukan pelatihan secara pribadi sebelum Interview diselenggarakan, bagaimana cara anda menguasai Pertanyaan Interview tersebut dan cara memberikan jawaban agar tersusun dan menarik, Jangan terlalu berlebihan untuk memberikan pujian, sampaikan jawaban informasi yang anda dapat seadanya.

Dan tunjukan bahwa anda sudah melakukan riset sebelumnya tentang perusahaan tersebut agar anda terlihat antusias ingin di terima dan bekerja di perusahaan tersebut. Itulah menurut pengalaman saya cara yang baik dan tepat untuk menjawab Pertanyaan Interview “Apa yang Anda ketahui tentang Perusahaan kami.”

5. Apa yang membuat anda tertarik melamar di perusahaan ini 

Pertanyaan Interview selanjutnya adalah “apa yang membuat anda tertarik melamar di Perusahaan ini?”, ini adalah salah satu pengembangan pertanyaan yang sering sekali di pertanyakan, varian pertanyaan tersebut bisa berupa ;
  • Mengapa anda tertarik melamar di perusahaan ini ?
  • Mengapa anda tertarik bekerja di perusahaan ini ?
  • Mengapa anda melamar untuk posisi ini ?
Kesemua varian pertanyaan interview diatas, adalah memiliki tujuan yang sama yakni HRD/User ingin mengetahui sejauh mana ketertarikan anda pada perusahaan tersebut. Jadi sebisa mungkin anda mendapatkan informasi jawaban tentang ;
  • Posisi Yang Dilamar
Sampaikan secara rinci posisi tersebut dengan pengetahuan yang anda dapat, seperti tanggung jawabnya seperti apa dan jika anda seorang yang berpengalaman, maka anda akan mudah menggabungkan informasi yang anda dapat dengan pengalaman anda sebelumnya, kemudian kembangkan jawabannya
  • Cari Tahu Kelebihan Perusahaan Tersebut
Apa ketertarikan anda kepada perusahaan tersebut ? seperti ; perusahaan ini memiliki pengembangan yang cukup banyak, saya yakin dengan penjelasan tentang kemampuan saya dan jika saya berkontribusi disini, perusahaan akan mempertimbangkan karir saya”.

Kesimpulan : 

Penjelasan terkait 5 Pertanyaan Interview yang sering diabaikan dan jawabannya di atas akan sempurna jika anda mempersiapkan dengan matang, jika anda rasa informasi ini kurang memuaskan, maka anda bisa mencari dari beberapa referensi lainnya, dan silahkan rangkum kesimpulan yang terbaik menurut anda, saya sangat apresiasi jika anda terus belajar...

Demikian lah 5 Pertanyaan Intreview yang sering diabaikan menurut saya, semoga bermanfa’at dan sukses untuk interview anda...
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh...

LihatTutupKomentar